Model pembelajaran kimia berbasis lingkungan dan keterampilan generik : solusi alternatif dalam memecahkan masalah pembelajaran kimia / SUNYONO text ind Model Pembelajaran Kimia Berbasis Lingkungan dan Keterampilan Generik merupakan sebuah buku yang mencoba memberikan solusi alternatif dalam memecahkan masalah pembelajaran kimia yang sering dialami baik oleh guru, dosen, maupun mahasiswa, terutama pembelajaran kimia yang berkaitan dengan fenomena sehari-hari. Buku ini disusun berdasarkan hasil-hasil penelitian yang telah dilakukan sejak 2005 hingga 2011. Buku ini disusun dengan tujuan untuk membantu para praktisi pendidikan kimia dalam upaya meningkatkan mutu pembelajaran kimia, baik melalui pelaksanaan pembelajaran maupun melalui penelitian. Oleh sebab itu, lahirnya buku ini diharapkan dapat dijadikan sebagai pedoman dalam melaksanakan pembelajaran maupun sebagai sumber inspirasi dalam pelaksanaan penelitian pengembangan pendidikan kimia. Buku ini disusun dalam 5 bab pembahasan, yang pembahasannya dimulai dari rasionalitas perlunya pengembangan pembelajaran kimia dengan model inkuiri berbasis lingkungan dan keterampilan generik sains (IBLKG) sampai dengan hasil kajian empiris dari pembelajaran yang telah dikembangkan. Metode penulisan dari setiap bab dilakukan melalui kajian empiris (penelitian), kajian sumber bacaan (buku teks), prosiding, dan jurnal ilmiah (nasional dan internasional). Model Pembelajaran Kimia Berbasis Lingkungan dan Keterampilan Generik merupakan sebuah buku yang mencoba memberikan solusi alternatif dalam memecahkan masalah pembelajaran kimia yang sering dialami baik oleh guru, dosen, maupun mahasiswa, terutama pembelajaran kimia yang berkaitan dengan fenomena sehari-hari. Buku ini disusun berdasarkan hasil-hasil penelitian yang telah dilakukan sejak 2005 hingga 2011. Buku ini disusun dengan tujuan untuk membantu para praktisi pendidikan kimia dalam upaya meningkatkan mutu pembelajaran kimia, baik melalui pelaksanaan pembelajaran maupun melalui penelitian. Oleh sebab itu, lahirnya buku ini diharapkan dapat dijadikan sebagai pedoman dalam melaksanakan pembelajaran maupun sebagai sumber inspirasi dalam pelaksanaan penelitian pengembangan pendidikan kimia. Buku ini disusun dalam 5 bab pembahasan, yang pembahasannya dimulai dari rasionalitas perlunya pengembangan pembelajaran kimia dengan model inkuiri berbasis lingkungan dan keterampilan generik sains (IBLKG) sampai dengan hasil kajian empiris dari pembelajaran yang telah dikembangkan. Metode penulisan dari setiap bab dilakukan melalui kajian empiris (penelitian), kajian sumber bacaan (buku teks), prosiding, dan jurnal ilmiah (nasional dan internasional). Metode Mengajar URN:ISBN:978-602-6542-36-6