03778 2200373 4500001002100000005001500021007000300036008004100039020001800080035002000098040001200118041000800130082001200138084002100150245021400171250001800385264003600403300005500439336002100494337003000515338002300545500007700568504002500645520251100670650002403181650002503205700002903230700003003259700002703289700002703316700003403343850001203377990001503389INLIS00000000083027520220630014124ta220630 0  a9789794568996 a0010-0522000848 aJKPDJAK0 aInd a375.001 aKC/375.001 BUK b aBuku panduan adaptasi pendidikan kedokteran dan profesi kesehatan di era pandemi Covid-19 :blangkah sukses /ceditor, Ardi Findyartini, Diantha Soemantri, Nadia Greviana, Rachmadya Nur Hidayah, Mora Claramita aEdisi pertama aJakarta :bUI Publishing,c2020 axviii, 193 halaman :bilustrasi berwarna ;c23 cm. 2rdacontentateks 2rdamediaatanpa perantara 2rdacarrieravolume aPenerbit versi cetak Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia atermasuk bibliografi aDisrupsi pembelajaran akademis dan praktik klinis di masa pandemi mengharuskan berbagai upaya simultan untuk menjaga keselamatan semua pihak dan tetap mengupayakan proses pencapaian kompetensi secara optimal. Di tengah berbagai upaya ini, Medical Education Center (MedEC) IMERI Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia menginisiasi serangkaian webinar “Covid-19 Pandemic Medical and Health Profession Adaptation Education Series” yang dimulai pada tanggal 26 Maret 2020. Para ahli dan praktisi pendidikan kedokteran dan profesi kesehatan dari dalam dan luar negeri, pengelola pendidikan, staf pengajar kedokteran dan profesi kesehatan dan peserta didik dari seluruh Indonesia bergabung dalam seri webinar ini, saling berbagi pengalaman dan bersama saling mengisi dan saling mendukung dalam interaksi di webinar yang mendiskusikan berbagai topik yang relevan. MedEC IMERI menyelenggarakan seri webinar berkolaborasi dengan organisasi profesi terkait (I AM HPE, dan PERPIPKI), Departemen Pendidikan Kedokteran FKUI, Departemen Pendidikan Kedokteran dan Bioetik FKK KMK UGM, Medical Education and Research Development Unit (MERSDU) FK UA, dan didukung juga oleh Asosiasi Institusi Pendidikan Kedokteran Indonesia (AIPKI) serta kolaborator di tingkat nasional dan internasional. Webinar sebagai bentuk alih pengetahuan dan diskusi tentang berbagai tantangan perlu ditindaklanjuti dengan upaya dokumentasi pengetahuan yang diperoleh sehingga dapat senantiasa bermanfaat untuk seluruh pihak terkait di bidang pendidikan kedokteran dan profesi kesehatan di Indonesia. Ucapan terima kasih disampaikan kepada dr. Mora Claramita, MMedEd, PhD, Ketua I AM HPE yang mengusulkan pengelolaanpengetahuan dari hasil webinar ini sehingga diharapkan dapat membawa manfaat seluas-luasnya untuk pengelola, staf pengajar dan mahasiswa pendidikan kedokteran dan profesi kesehatan di seluruh Indonesia. Buku Panduan ini merupakan gambaran kuatnya semangat belajar dan berkolaborasi dari semua pihak yang saling mendukung untuk pendidikan kedokteran dan profesi kesehatan yang tetap dapat dijalankan dengan sebaik mungkin di Indonesia. Buku Panduan ini juga merupakan refleksi bersama yang dapat dimanfaatkan untuk “melompat ke depan” (bounce forward) sehingga pendidikan kedokteran dan profesi kesehatan di seluruh Indonesia dapat lebih baik lagi di masa mendatang. Masih banyak kekurangan dalam Buku Panduan ini, termasuk masih banyaknya topik yang sebenarnya dapat dirangkum dan direfleksikan. 4aCovid-19 (Penyakit) 4aPendidikan Kesehatan aArdi Findyartinieeditor aDiantha Soemantrieeditor aMora Claramitaeeditor aNadia Grevianaeeditor aRachmadya Nur Hidayaheeditor aJKPDJAK aD000393/22