01584 2200397 4500001002100000005001500021008004100036020001800077035002500095040001200120041000800132082001200140084001800152084001400170090001800184100002800202245010300230250001100333260004500344300002800389504001900417520053800436521001100974650002500985650002801010850001301038990001501051990001501066990001501081990001501096990001501111990001501126990001501141990001501156990001501171JAKPU-1113900000100820220316092023220316 e 0 ind  a9789792291247 a0010-111390000001008 aJKPDJAK0 aIND a610.696 a610.696 CAH m a613 CAH m a610.696 SUH m1 aJ.B. Suharjo B. Cahyono1 aMenjadi Pasien Cerdas :bKiat Memperoleh Layanan Medis Terbaik dan Aman /cJ.B. Suharjo B. Cahyono aCet. 1 aJakarta :bGramedia Pustaka Utama,c2013 axix, 414 hlm. ;c23 cm. ahlm. : 399-411 aPada dasarnya, setiap dokter berusaha melakukan diagnosis seakurat mungkin dan pengobatan setepat mungkin-dokter tidak menginginkan pasiennya mengalami kecelakaan atau cedera medis diluar penyakit yang di derita oleh pasien. Namun praktik kedokteran modern yang begitu kompleks tidak menutup kemungkinan terjadinya kesalahan- to err is human. Dengan menyadari adanya kemungkinan itu, pihak pasien beserta keluarganya perlu bersikap aktif, cerdas, dan kritis saat menerima layanan medis agar terhindar dari kesalahan atau cedera medis1 aDEWASA 4aKESEHATAN, PELAYANAN 4aPASIEN, ASPEK PELAYANAN aBPAD DKI aD087350/13 aD092376/13 aD092377/13 aD092380/13 aP007356/13 aU000510/14 aU000511/14 aU000512/14 aU000513/14