Psikologi guru : konsep dan aplikasi / SURYA, Mohamad HASIM, Abdul Hasim NURJAMAL, Daeng text Bandung : Alfabeta, 2014 ind Penampilan kinerja profesional guru ditentukan oleh kualitas berbgai unsur psikologisnya seperti kualitas kognitif, afektif, konatif, motorik, kecerdasan, kepribadian, penyesuaian diri, kesehatan mental, dsb. Oleh karena itu, guru perlumendapat perhatian yang sungguh-sungguh dalam hal pembinaanprofesional dan dukungan kesejahteraan melalui manajemen pendidikan yang kondusif. Guru harus memahami dirinya masing-masing secara tepat khususnya dari sudut pandang psikologi. Dengan memahami berbagai dinamika psikologi secara konseptual diharapkan para guru dapat mewujudkan diri secara sehat sesuai dengan tuntutan sebagai guru profesional. Buku ini menyajikan konsep-konsep psikologi yang langsung atau tidak langsung terkait dengan prilaku kinerja guru, seperti konsep dasar psikologi dan hubungannya dengan konsep psikologi guru, dinamika perilaku, potensi prilaku, dan kepribadian. DEWASA Bibliografi : hlm. 402-405 Penampilan kinerja profesional guru ditentukan oleh kualitas berbgai unsur psikologisnya seperti kualitas kognitif, afektif, konatif, motorik, kecerdasan, kepribadian, penyesuaian diri, kesehatan mental, dsb. Oleh karena itu, guru perlumendapat perhatian yang sungguh-sungguh dalam hal pembinaanprofesional dan dukungan kesejahteraan melalui manajemen pendidikan yang kondusif. Guru harus memahami dirinya masing-masing secara tepat khususnya dari sudut pandang psikologi. Dengan memahami berbagai dinamika psikologi secara konseptual diharapkan para guru dapat mewujudkan diri secara sehat sesuai dengan tuntutan sebagai guru profesional. Buku ini menyajikan konsep-konsep psikologi yang langsung atau tidak langsung terkait dengan prilaku kinerja guru, seperti konsep dasar psikologi dan hubungannya dengan konsep psikologi guru, dinamika perilaku, potensi prilaku, dan kepribadian. DEWASA GURU MENGAJAR PSIKOLOGI PENDIDIKAN URN:ISBN:978-602-289-007-2