![](../uploaded_files/sampul_koleksi/original/Monograf/30285.jpg)
Jenis Bahan | Monograf |
Judul | Pendidikan Islam Transformatif Mahmud Arif; ed. Mustafid Fuad |
Pengarang | ARIF, Mahmud Mustafid, Fuad |
Penerbitan | Yogyakarta Lkis Pelangi Aksara 2008 |
Deskripsi Fisik | xiv, 309 hlm.21 cm. |
ISBN | 979-1283-40-0 |
Subjek | PENDIDIKAN ISLAM |
Abstrak | Salah satu upaya menghindarkan pendidikan Islam dari keterjebakan dualisme dikotomik keilmuan antara determinisme historis dan realisme praksis adalah dengan cara mempertegas jati diri keberpihakannya pada tindakan penyadaran dan pemberdayaan. Di satu sisi, pendidikan Islam belum sepenuhnya bisa keluar dari idelisasi kejayaan pemikiran dan peradaban islma masa lampau yang hegemonik, sementara di sisi lain, ia juga “dipaksa” untuk mau menerima tuntutan-tuntutan masa kini, khususnya yang dating dari barat, dengan orientasi yang sangat praktis. Selain itu, epistemologi pendidikan Islam juga harus memadukan secara sinergis-dialektis antara epistemologi bayni, 'irfni, dan burhni dalam struktur hierarkis-piramidal yang bermatra pada ayat kauniyyah dan ayat qauliyyah dalam kerangka humanisasi, liberasi, dan transendensi demi terwujudnya Pendidikan Islam Transformatif. |
Bahasa | Indonesia |
No Barcode | No. Panggil | Akses | Lokasi | Ketersediaan |
---|---|---|---|---|
00005099136 | Dapat dipinjam | Perpustakaan Jakarta - Cikini - | Tersedia
pesan |
|
00005706970 | 297.6 ARI p | Dapat dipinjam | Perpustakaan Jakarta Utara - Koja - RUANG KOLEKSI UMUM UTARA | Tersedia
pesan |
00005706975 | 297.6 ARI p | Tidak Dapat Dipinjam | Perpustakaan Jakarta Utara - Koja - RUANG KOLEKSI TANDON UTARA | Tersedia |
00005706980 | 297.6 ARI p | Dapat dipinjam | Perpustakaan Jakarta Utara - Koja - RUANG KOLEKSI UMUM UTARA | Tersedia
pesan |
Tag | Ind1 | Ind2 | Isi |
001 | JAKPU/10110000000528 | ||
005 | 20111010173548.0 | ||
008 | ***********************************ind** | ||
020 | # | # | $a 979-1283-40-0 |
035 | # | # | 0010/101100000000522 |
040 | # | # | $a JPUDKI |
041 | # | # | $a IND |
082 | # | # | $a 297.6 |
090 | # | # | $a 297.6 ARI p |
100 | # | # | $a ARIF, Mahmud |
245 | # | # | $a Pendidikan Islam Transformatif $c Mahmud Arif; ed. Mustafid Fuad |
260 | # | # | $a Yogyakarta $b Lkis Pelangi Aksara $c 2008 |
300 | # | # | $a xiv, 309 hlm. $c 21 cm. |
520 | # | # | $a Salah satu upaya menghindarkan pendidikan Islam dari keterjebakan dualisme dikotomik keilmuan antara determinisme historis dan realisme praksis adalah dengan cara mempertegas jati diri keberpihakannya pada tindakan penyadaran dan pemberdayaan. Di satu sisi, pendidikan Islam belum sepenuhnya bisa keluar dari idelisasi kejayaan pemikiran dan peradaban islma masa lampau yang hegemonik, sementara di sisi lain, ia juga “dipaksa” untuk mau menerima tuntutan-tuntutan masa kini, khususnya yang dating dari barat, dengan orientasi yang sangat praktis. Selain itu, epistemologi pendidikan Islam juga harus memadukan secara sinergis-dialektis antara epistemologi bayni, 'irfni, dan burhni dalam struktur hierarkis-piramidal yang bermatra pada ayat kauniyyah dan ayat qauliyyah dalam kerangka humanisasi, liberasi, dan transendensi demi terwujudnya Pendidikan Islam Transformatif. |
650 | # | # | $a PENDIDIKAN ISLAM |
659 | # | # | $a Pembelian |
700 | # | # | $a Mustafid, Fuad |
852 | # | # | $a BPAD DKI |
990 | # | # | $a D20758/11, 20759/11, 20760/11, 20761/11, 20762/11, |
990 | # | # | $a U020758/11 |
990 | # | # | $a U020759/11 |
990 | # | # | $a U020764/11 |
Content Unduh katalog
Karya Terkait :