Cite This        Tampung        Export Record
Jenis Bahan Monograf
Judul Pendidikan Islam Transformatif Mahmud Arif; ed. Mustafid Fuad
Pengarang ARIF, Mahmud
Mustafid, Fuad
Penerbitan Yogyakarta Lkis Pelangi Aksara 2008
Deskripsi Fisik xiv, 309 hlm.21 cm.
ISBN 979-1283-40-0
Subjek PENDIDIKAN ISLAM
Abstrak Salah satu upaya menghindarkan pendidikan Islam dari keterjebakan dualisme dikotomik keilmuan antara determinisme historis dan realisme praksis adalah dengan cara mempertegas jati diri keberpihakannya pada tindakan penyadaran dan pemberdayaan. Di satu sisi, pendidikan Islam belum sepenuhnya bisa keluar dari idelisasi kejayaan pemikiran dan peradaban islma masa lampau yang hegemonik, sementara di sisi lain, ia juga “dipaksa” untuk mau menerima tuntutan-tuntutan masa kini, khususnya yang dating dari barat, dengan orientasi yang sangat praktis. Selain itu, epistemologi pendidikan Islam juga harus memadukan secara sinergis-dialektis antara epistemologi bayni, 'irfni, dan burhni dalam struktur hierarkis-piramidal yang bermatra pada ayat kauniyyah dan ayat qauliyyah dalam kerangka humanisasi, liberasi, dan transendensi demi terwujudnya Pendidikan Islam Transformatif.
Bahasa Indonesia

 
No Barcode No. Panggil Akses Lokasi Ketersediaan
00005099136 Dapat dipinjam Perpustakaan Jakarta - Cikini - Tersedia
pesan
00005706970 297.6 ARI p Dapat dipinjam Perpustakaan Jakarta Utara - Koja - RUANG KOLEKSI UMUM UTARA Tersedia
pesan
00005706975 297.6 ARI p Tidak Dapat Dipinjam Perpustakaan Jakarta Utara - Koja - RUANG KOLEKSI TANDON UTARA Tersedia
00005706980 297.6 ARI p Dapat dipinjam Perpustakaan Jakarta Utara - Koja - RUANG KOLEKSI UMUM UTARA Tersedia
pesan
Tag Ind1 Ind2 Isi
001 JAKPU/10110000000528
005 20111010173548.0
008 ***********************************ind**
020 # # $a 979-1283-40-0
035 # # 0010/101100000000522
040 # # $a JPUDKI
041 # # $a IND
082 # # $a 297.6
090 # # $a 297.6 ARI p
100 # # $a ARIF, Mahmud
245 # # $a Pendidikan Islam Transformatif $c Mahmud Arif; ed. Mustafid Fuad
260 # # $a Yogyakarta $b Lkis Pelangi Aksara $c 2008
300 # # $a xiv, 309 hlm. $c 21 cm.
520 # # $a Salah satu upaya menghindarkan pendidikan Islam dari keterjebakan dualisme dikotomik keilmuan antara determinisme historis dan realisme praksis adalah dengan cara mempertegas jati diri keberpihakannya pada tindakan penyadaran dan pemberdayaan. Di satu sisi, pendidikan Islam belum sepenuhnya bisa keluar dari idelisasi kejayaan pemikiran dan peradaban islma masa lampau yang hegemonik, sementara di sisi lain, ia juga “dipaksa” untuk mau menerima tuntutan-tuntutan masa kini, khususnya yang dating dari barat, dengan orientasi yang sangat praktis. Selain itu, epistemologi pendidikan Islam juga harus memadukan secara sinergis-dialektis antara epistemologi bayni, 'irfni, dan burhni dalam struktur hierarkis-piramidal yang bermatra pada ayat kauniyyah dan ayat qauliyyah dalam kerangka humanisasi, liberasi, dan transendensi demi terwujudnya Pendidikan Islam Transformatif.
650 # # $a PENDIDIKAN ISLAM
659 # # $a Pembelian
700 # # $a Mustafid, Fuad
852 # # $a BPAD DKI
990 # # $a D20758/11, 20759/11, 20760/11, 20761/11, 20762/11,
990 # # $a U020758/11
990 # # $a U020759/11
990 # # $a U020764/11
Content Unduh katalog