Cite This        Tampung        Export Record
Jenis Bahan Monograf
Judul Pendidikan islam integratif : Upaya mengintegrasikan kembali dikotomi ilmu dan pendidikan islam / Jasa Ungguh Muliawan
Pengarang MULIAWAN, Jasa Ungguh
EDISI Cetakan I
Penerbitan Yogyakarta : Pustaka Pelajar, 2005
Deskripsi Fisik xvii. 241 hal. ;21cm
ISBN 979-3721-89-8
Subjek AGAMA ISLAM - PENDIDIKAN
Abstrak Secara normative-konseptual, dalam Islam tidak dijumpai dikotomi ilmu. Ulama-ulama terdahulu pun telah membuktikan kesatuan ilmu yang wajib dipelajari. Al-Kindi ia adalah seorang filsuf sekaligus agamawan, Al- Farabi. Ibnu Sina, ahli dalam bidang ilmu kedokteran, filsafat, psikologi, dan music. Al-Khawarizmi juga seorang ulama yang ahli matematika. Al-Ghazali, walaupun belakangan popular karena kehidupan dan ajaran sufistiknya, sebenarnya beliau telah melalui berbagai bidang ilmu yang diketahuinya, mulai dari ilmu Fiqh, Kalam, Falsafah hingga Tasawuf. Ibnu Rusyd, adalah seorang Faqih yang telah berhasil pada masa Reneissance. Last but least, Ibn Khaldun dikenal sebagai ulama peletak dasar sosilogi modern. Namun, mulai Abad Pertengahan – yang efeknya bahkan masih terasa sampai saat ini, mulai terjadi dikotomi ilmu dalam pendidikan Islam, sehingga terjadi kristalisasi anggapan bahwa ilmu agama tergolong fardu’ain atau kewajiban individu, sedangkan ilmu umum termasuk fardu’ kifayah atau kewajiban kolektif dan apabila telah dijumpai orang yang menekuninya maka orang lain menjadi gugur kewajibanya. Akibat faktorini, umat dan Negara Islam saat tertinggal jauh dalam hal kemajuan IPTEK.
Catatan 233-241
Bahasa Indonesia
Bentuk Karya Bukan fiksi atau tidak didefinisikan
Target Pembaca Dewasa

 
No Barcode No. Panggil Akses Lokasi Ketersediaan
00005157797 Dapat dipinjam Perpustakaan Jakarta - Cikini - Tersedia
pesan
00005157798 Dapat dipinjam Perpustakaan Jakarta - Cikini - Tersedia
pesan
00005157799 Dapat dipinjam Perpustakaan Jakarta - Cikini - Tersedia
pesan
00005157800 Dapat dipinjam Perpustakaan Jakarta - Cikini - Tersedia
pesan
00005157801 Dapat dipinjam Perpustakaan Jakarta - Cikini - Tersedia
pesan
00005157802 Dapat dipinjam Perpustakaan Jakarta - Cikini - Tersedia
pesan
00005157803 Dapat dipinjam Perpustakaan Jakarta - Cikini - Dipinjam
00005360116 297.26 MUL p Dapat dipinjam Perpustakaan Jakarta Utara - Koja - RUANG KOLEKSI UMUM UTARA Tersedia
pesan
00005360117 297.26 MUL p Baca di tempat Perpustakaan Jakarta Utara - Koja - PERPUS CILINCING--RUANG KOLEKSI UMUM Tersedia
Tag Ind1 Ind2 Isi
001 JAKPU/11110000000379
005 20220401111218
008 220401################e##########0#ind##
020 # # $a 979-3721-89-8
035 # # $a 0010/111100000000379
040 # # $a JKPUDKI
041 # # $a IND
082 # # $a 297.26
084 # # $a 297.26 MUL p
090 # # $a 297.26 MUL p
100 # # $a MULIAWAN, Jasa Ungguh
245 1 # $a Pendidikan islam integratif : $b Upaya mengintegrasikan kembali dikotomi ilmu dan pendidikan islam /$c Jasa Ungguh Muliawan
250 # # $a Cetakan I
260 # # $a Yogyakarta :$b Pustaka Pelajar,$c 2005
300 # # $a xvii. 241 hal. ; $c 21cm
504 # # $a 233-241
520 # # $a Secara normative-konseptual, dalam Islam tidak dijumpai dikotomi ilmu. Ulama-ulama terdahulu pun telah membuktikan kesatuan ilmu yang wajib dipelajari. Al-Kindi ia adalah seorang filsuf sekaligus agamawan, Al- Farabi. Ibnu Sina, ahli dalam bidang ilmu kedokteran, filsafat, psikologi, dan music. Al-Khawarizmi juga seorang ulama yang ahli matematika. Al-Ghazali, walaupun belakangan popular karena kehidupan dan ajaran sufistiknya, sebenarnya beliau telah melalui berbagai bidang ilmu yang diketahuinya, mulai dari ilmu Fiqh, Kalam, Falsafah hingga Tasawuf. Ibnu Rusyd, adalah seorang Faqih yang telah berhasil pada masa Reneissance. Last but least, Ibn Khaldun dikenal sebagai ulama peletak dasar sosilogi modern. Namun, mulai Abad Pertengahan – yang efeknya bahkan masih terasa sampai saat ini, mulai terjadi dikotomi ilmu dalam pendidikan Islam, sehingga terjadi kristalisasi anggapan bahwa ilmu agama tergolong fardu’ain atau kewajiban individu, sedangkan ilmu umum termasuk fardu’ kifayah atau kewajiban kolektif dan apabila telah dijumpai orang yang menekuninya maka orang lain menjadi gugur kewajibanya. Akibat faktorini, umat dan Negara Islam saat tertinggal jauh dalam hal kemajuan IPTEK.
650 # 4 $a AGAMA ISLAM - PENDIDIKAN
659 # # $a Pembelian
852 # # $a BPAD DKI
990 # # $a D31532/11, 31533/11, 31534/11, 31535/11, 31536/11,
990 # # $a D31532/11, 31533/11, 31534/11, 31535/11, 31536/11,
990 # # $a D31532/11, 31533/11, 31534/11, 31535/11, 31536/11,
990 # # $a D31532/11, 31533/11, 31534/11, 31535/11, 31536/11,
990 # # $a D31532/11, 31533/11, 31534/11, 31535/11, 31536/11,
990 # # $a D31532/11, 31533/11, 31534/11, 31535/11, 31536/11,
990 # # $a D31532/11, 31533/11, 31534/11, 31535/11, 31536/11,
990 # # $a U031536/11
990 # # $a U031538/11
Content Unduh katalog